kumpulan obat tradisional herbal alami khas indonesia

Wednesday, August 27, 2014

Obat herbal menyapih bayi

Proses Penyapihan :




Penyapihan bisa dilakukan secara bertahap ataupun mendadak/seketika. Proses penyapihan seketika umumnya dilakukan dalam keadaan terpaksa, misalnya ibu mendadak jatuh sakit atau harus pergi jauh sehingga tidak memungkinkan untuk menyusui anak. Sedangkan penyapihan bertahap dibagi menjadi : 

1. Natural weaning/penyapihan alami (tidak memaksa dan mengikuti tahapan perkembangan anak) 
2. Mother led weaning (ibu yang menentukan kapan saat menyapih anaknya).
Penyapihan alami adalah cara yang paling dianjurkan. Mengapa? Karena secara psikologis, dampaknya paling ringan. Ketahuilah, pada awal proses penyapihan, anak biasanya rewel dan gelisah. Dengan penyapihan alami, semua itu bisa dihindari mengingat saat memasuki usia batita sebetulnya ketergantungan anak pada ASI sudah semakin berkurang. Sementara dalam mother led weaning yang dibutuhkan adalah kesiapan mental ibu juga dukungan dari lingkungan, terutama ayah (suami) sebagai sosok yang dapat memberikan kenyamanan selain ibu dengan cara mengajak anak bermain. Bila sudah mantap untuk menyapih, lakukanlah penyapihan dengan sabar dan tidak terburu-buru karena sikap ibu dalam menyapih berpengaruh pada kesiapan si balita. 

Persiapan penyapihan

• Suplai ASI anda akan berkurang secara bertahap seiring dengan berkurangnya bayi mengisap payudara anda.
• Sesuaikan dengan usia dan kebutuhan bayi, susu dapat diberikan melalui sebuah cangkir atau botol.
• Mulailah dengan tidak menawarkan menyusui bila anda melihat bayi anda mulai meminta menyusui, kemudian dikurangi porsinya satu kali setiap beberapa hari atau satu porsi tiap minggunya, semua tergantung pada kenyamanan ibu, dan kesediaan bayi untuk bekerja sama.
• Pastikan Anda masih memberi bayi Anda banyak pelukan dan lebih banyak waktu dengan Anda. Yakinkan bayi anda bahwa dengan tidak diberikannya ASI, anda tidak mengurangi perhatian dan kasih sayang anda padanya.
• Jika payudara menjadi membesar, keluarkan ASI dengan menggunakan pompa atau tangan anda. Jangan mencoba untuk mengosongkan payudara karena akan merangsang kelenjar susu untuk memproduksi lebih banyak lagi.



Biasanya ibu yang menyapih anaknya pada waktu-waktu tertentu biasannya sering mengeluarkan air susunya tanpa disengaja. Hal ini sangat mengganggu, karena ia tidak selamanya harus di rumah.
 Adakalanya ia harus bekerja di kantor maupun di perdagangan maupun dipertanian, dan lain-lain. Apabila keadaan demikan berlarut-larut, ambillah segenggam bunga melati atau bunga mawar kemudian tumbuklah bunga tersebut sampai lembut, lalu taruhlah pada kapas maka tempelkan pada buah dada Anda sebelum mandi. Insya Allah air susu tersebut akan segera berhenti dan mampet.


Obat herbal menyapih bayi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ahmad riyo