kumpulan obat tradisional herbal alami khas indonesia

Sunday, August 31, 2014

Obat herbal untuk luka memar-bengkak

Gejala Bengkak

Tergantung dari tempatnya. Bila di bawah kulit, akan terlihat kulit yang bengkak dan mengkilat serta pada penekanan di daerah bengkak tersebut akan timbul lubang yang lambat kembali ke posisi sebelum ditekan. Gejala yang ditimbulkan adalah berupa rasa pegal di tungkai, sepatu terasa lebih sempit, dan berjalan terasa berat. Bila terjadi bengkak di perut, terlihat lingkar perut membesar serta menimbulkan rasa penuh dan tidak enak, terasa lebih cepat kenyang bila makan, karena lambung tertekan oleh air yang berada di dalam perut tersebut. Pembengkakan di daerah paru atau disebut sebagai edema paru, akan menimbulkan rasa sesak nafas yang hebat sekali.


Penyebab Bengkak
Bengkak dapat disebabkan oleh berbagai hal antara lain:
  • Pelebaran pembuluh darah vena di kaki yang kita kenal sebagai varises. Mereka yang memiliki varises, terlihat banyak tonjolan pembuluh darah seperti tali mulai dari yang terlihat sebagai garis biru-merah hingga tonjolan pembuluh darah vena yang besar. Pada keadaan ini klep atau katup di dalam pembuluh vena yang berfungsi untuk membantu pemompaan darah dari kaki ke arah jantung tidak berfungsi baik, sehingga aliran darah terbendung. Seperti dibicarakan di atas, maka tekanan pendorong atau tekanan hidrostatik di dalam vena meningkat.
  • Kehamilan, akibat tekanan yang tinggi di dalam perut, aliran darah dari kaki seolah-olah terbendung sehingga dapat menimbulkan bengkak.
  • Wanita pada saat siklus haid dapat timbul bengkak karena pengaruh hormon yang meningkat saat haid.
  • Penyakit ginjal juga dapat menimbulkan bengkak oleh karena sebagian dari penyakit ginjal ada yang dapat menyebabkan kadar albumin, (protein dalam darah) lebih rendah dari normal. Akibatnya tekanan penghisap (tekanan osmotik, seperti dijelaskan pada tulisan di atas), di jaringan sekitar pembuluh kapiler lebih tinggi, membuat air dari pembuluh kapiler masuk ke dalam jaringan dan menyebabkan bengkak. Bengkak biasanya ada di daerah tungkai atau sekitar mata (jaringan longgar).
  • Gagal Jantung dapat menimbulkan bengkak di tungkai, perut (asites). Bengkak juga dapat timbul di Paru yang disebut sebagai edema paru. Edema paru akan menimbulkan sesak yang hebat. Kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh berkurang pada gagal jantung sehingga aliran darah dari vena ke arah jantung terbendung yang mengakibatkan tekanan hidrostatik di pembuluh kapiler meningkat sehingga air dari pembuluh kapiler keluar dan masuk ke dalam jaringan kulit, perut, dan Paru.
  • Kerusakan pada jaringan hati.




Ramuan :
Bahan

  • Kencur 5 jari
  • Beras 1 sendok makan

Cara pembuatan :
Kencur dibersihkan, dicuci, di tumbuk bersama-sama dengan beras dan tambahkan air secukupnya untuk memudahkan penumbukan, sampai menjadi campuran yang menyerupai bubur.
Cara pemakaian :
Bahan yang menyerupai bubur tempelkan pada bagian yang memar. Harus di ganti 2x sehari.

Obat herbal untuk luka memar-bengkak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous