kumpulan obat tradisional herbal alami khas indonesia

Monday, August 25, 2014

Obat herbal untuk mengatasi pendarahan berlebihan ketika haid



Pendarahan Darah Haid Yang Berlebihan
 Di antara sebab-sebab yang bisa diidentifikasi adalah:
• Gangguan hormon menyebabkan pendarahan rahim
• Polip leher rahim atau rahim (tumor bukan kanker dari selaput rahim atau serviks)
• Endometriosis (selaput dalam rahim yang ada di luar rahim secara
tidak normal)
• Fibroid (tumor dari otot rahim)
• Kekurangan atau kelebihan sekresi hormon tiroid dari kelenjar tiroid

Sebab-sebab lain:
• Akil baligh atau awal menstruasi
• IUCD (Alat mencegah kehamilan di dalam rahim)
• cystic glandular hyperplasia (masalah selaput rahim yang tebal)
• Penyakit radang pelvis (PID) yang kronis (Hyperlink PID)
• Sindrom Polycystik ovarium (PCOS)

Sebab-sebab yang jarang:
• Masalah kelenjar pituitari atau sekresi hormon prolactin yang berlebihan.
• Penyakit hati atau ginjal
• Penyakit darah
• Kanker Endometrium (kanker selaput rahim)
• T.B. endometrium (T.B. selaput rahim)

Beberapa obat-obatan bisa menyebabkan perdarahan menstruasi yang banyak seperti obat yang bisa mencairkan darah atau kemoterapi (untuk kanker).
Diagnosa – Sejarah pasien perlu ditanya oleh dokter agar dapat menemukan sebab-sebab perdarahan haid (seperti di atas). Anda akan ditanya berapa pembalut (pad) yang digunakan sehari termasuk gejala-gejala lain (seperti kekurangan darah dll). Anda mungkin diminta mengisi formulir tangga yang bisa membantu memberikan gambaran singkat penilaian darah haid yang Anda alami.
Tes darah dapat mendeteksi anaemia (kurang darah), yang bisa disebabkan oleh pendarahan yang banyak dan berlebihan. Tes Ultrasound rahim bisa mendeteksi fibroid, polip atau kanker. Jika dokter Anda tidak dapat mendeteksi sebab-sebab pendarahan, Anda akan dirujuk ke ahli ginekologi untuk perawatan lanjutan.

Perawatan – Perawatan termasuk obat-obatan dan operasi.
1. Asam Tranexamic adalah obat yang paling mujarab. Ia bisa mengurangi pendarahan menstruasi dan diambil pada hari-hari haid saja. Ia tidak mengurangi masa pendarahan tetapi lebih mengurangi kuantitas perdarahan. Obat-obat lain seperti anti-radang (mefenamic acid – ponstan) juga bisa digunakan. Ia mungkin kurang efektif dibandingkan asam tranexamic tetapi bisa mengurangi sakit senggugut.
2. Pil perancang bisa mengurangi pendarahan menstruasi berlebihan, sakit sengugut dan pada waktu sama menghindar mengandung.
3. Operasi pula termasuk pembedahan membuang rahim (hysterectomy) atau membuang selaput rahim (endometrium). Prosedur membuang selaput rahim ini disebut ablasi endometrium. Ablasi ini mencakup pembakaran dengan listrik atau microwave. Mereka yang menjalani operasi hysterectomy tidak akan mengalami pendarahan menstruasi lagi, akan tetapi kebutuhan membuat operasi ini harus diimbang kosnya yang mahal dan efek samping lainnya.
4. Ablasi endometrium adalah pilihan yang baik jikalau pasien tidak mau menjalani operasi histerektomi. Perawatan ablasi yang menggunakan gelombang mikrowave tersedia di kebanyakan rumah sakit besar di Malaysia.


Jika kebetulan anda yang sedang datang bulan maka tepat sekali membeli mangga, kulitnya jangan di buang, karena berkhasiat sekali.

  Apabila anda memebeli mangga, di samping rasanya yang segar dan banyak mengandung gizi tinggi itu, berarti anda tidak sengaja sudah memiliki keuntungan ganda, yakni buah dan kulitnya.
  Kulit mangga yang di goreng merupakan obat yang mujarab untuk pendarahan yang berlebihan selama haid. Ambillah kulit mangga yang masih hijau warnanya, goreng dengan minyak yang sudah panas setelah masak, makanlah, ulangi sampai pendarahan itu berkurang, niscaya penderitaan itu akan sirna.
Anda akan sehat kembali.

Obat herbal untuk mengatasi pendarahan berlebihan ketika haid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous