kumpulan obat tradisional herbal alami khas indonesia

Sunday, August 24, 2014

Obat herbal untuk menobati sakit ginjal

Gejala Penyakit Ginjal 

Penyakit ginjal memiliki beberapa jenis. Diantaranya adalah albuminuria (Ginjal tidak dapat melakukan penyaringan), batu ginjal, diabetes melitus (kencing manis), diabetes insipidus (kekurangan hormon anti diuretik), nefritis (infeksi pada ginjal), gagal ginjal, polycystic (kista pada ginjal), reflux, acidosis, dan banyak lainnya.
Dari semua jenis penyakit ginjal ini terdapat 2 jenis penyakit ginjal yang sangat dikenal dan memiliki jumlah penderita yang relatif tinggi yaitu batu ginjal dan gagal ginjal.
Batu Ginjal
Batu ginjal merupakan suatu kasus dimana terjadi endapan zat berlebih di sepanjang saluran kemih atau didalam ginjal yang semakin lama semakin besar dan keras serperti batu hingga menghambat aliran urin.
Gejala penyakit batu ginjal adalah :
- Nyeri. Pada bagian diantara tulang rusuk belakang dan tulang pinggang menjalar ke perut, kelamin, dan daerah paha bagian dalam. Dimulai dari kram yang kemudian berlanjut ke rasa nyeri yang parah. Dapat berlangsung selama beberapa jam dengan rasa nyeri dan nyaman secara bergantian.
- Mual. Mual, menggigil, muntah, demam.
- Perubahan jumlah dan keseringan buang air kecil. Buang air kecil tidak tuntas menyebabkan lebih sering buang air kecil. Sering merasa ingin buang air kecil tetapi ketika sampai kamar mandi ternyata tidak dapat buang air kecil.
- Kesulitan buang air kecil dan perubahan pada urin. Nyeri pada bagian bawah perut atau bagian atas kelamin pada saat buang air kecil. Urin keruh, berbau lebih menyengat.
- Perut menggembung.
- Darah pada urin. Batu ginjal melukai saluran kemih hingga mengeluarkan darah. Jika sampai pada tahap ini berarti penyakit batu ginjal sudah parah.
gejala penyakit ginjal
Gagal Ginjal
Penyakit gagal ginjal merupakan situasi deman fungsi ginjal mengalami penurunan hingga tidak berfungsi sama sekali. Gagal ginjal dapat dibagi menjadi 2 yaitu gagal ginjal akut (terjadi dengan cepat atau secara tiba-tiba) dan gagal ginjal kronis (terjadi dalam jangka waktu yang lama dan memiliki efek serius dalam jangka panjang).
Gejala gagal ginjal akut :
- Berkurangnya urin atau sama sekali tidak terbentuk.
- Pembengkakan. Jika ginjal yang berfungsi untuk membuang limbah dan cairan berlebih pada tubuh rusak, maka tubuh menyimpan terlalu banyak air hingga akan menimbulkan bengkak pada tungkai, kaki, pergelangan kaki.
- Perubahan suasana hati, perasaan bingung.
- Rasa lelah ekstrim dan sesak napas. Ginjal menghasilkan hormon yang membantu pembentukan sel darah merah yang membawa oksigen. Hal ini membuat oksigen yang dikirimkan ke sel-sel  dalam tubuh menurun sehingga menyebabkan rasa lelah dan lemah yang ekstrim. Kekurangan oksigen juga akan menyebabkan sesak napas.
- Kejang, bahkan koma.
- Urin berwarna kemerahan karena darah, perubahan frekuensi buang air kecil.
- Mual, nyeri, demam
Gejala gagal ginjal kronis :
- Urin berkurang
- Mual, muntah, demam, lelah dan lemah ekstrim, hilangnya nafsu makan, penurunan mental.
- Otot menjadi tegang, pembengkakan pada kaki, wajah
- Wajah pucat atau anemia. Karena kerusakan ginjal, oksigen yang dibawa ke otak berkurang dan menyebabkan kepala pusing atau menyebabkan hilangnya konsentrasi.
- Gangguan pada kulit dan gatal. Racun yang seharusnya dibuang melalui ginjal menumpuk didalam tubuh sehingga menyebabkan rasa gatal dan menyebabkan ruam pada kulit.
- Tekanan darah tinggi menaik, Hb turun.
Tidak jarang penyakit ginjal kronis tidak terjadi gejala-gejala seperti yang dijelaskan diatas. Hal iniah yang membuat penyakit gagal ginjal berbahaya karena terkadang dapat tidak terdeteksi dan hanya dapat diketahui melalui pemeriksaan laboratorium.



Kedelai merupakan tumbuhan yang memiliki gizi yang tinggi, dapat dipakai untuk membuat lauk-pauk dan sebagainya.
Kedelai itu rasanya gurih itu bisa juga di gunakan untuk mengobati sakit ginjal.

Caranya :
Ambilah 3 sendok makan kacang kedelai, rebuslah dengan 4 gelas air hingga mendidih. Usahakan air rebusan kedelai itu menyusut hingga airnya tinggal kira-kira 1 gelas saja. Minumlah setiap pagi sehabis bangun tidur, sebelum air dingin.

Obat herbal untuk menobati sakit ginjal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous