kumpulan obat tradisional herbal alami khas indonesia

Thursday, August 28, 2014

Obat herbal untuk penyakit panu


Penyakit panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Gejala dan tanda adanya panu yaitu timbulnya bercak yang terdapat pada kulit disertai dengan rasa gatal pada saat berkeringat. Bercak-bercak tersebut ada yang berwarna putih, coklat maupun merah, tergantung dari warna kulit penderita. Panu biasanya menyerang semua bagian kulit. Pada umumnya, panu bisa menular dari satu orang ke orang lain dan biasanya ditemukan pada kulit kepala, kuku, lipatan lengan, leher, wajah dan kaki
Faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya panu :
- Lembab dan panas dari lingkungan, dari pakaian ketat, dan pakaian tak menyerap keringat
- Keringat berlebihan karena berolahraga atau karena kegemukan
- Friksi atau trauma minor, misalnya gesekan pada paha orang gemuk
- Keseimbangan flora tubuh normal terganggu, antara lain karena pemakaian antibiotik, atau hormonal dalam jangka panjang.
Gejala Dan Tanda-Tanda Penyakit Panu
Tanda dan gejala dari penyakit panu biasanya akan timbul ruam kulit dalam berbagai ukuran dan warna, lalu di tutupi oleh sisik halus dengan rasa gatal. Terkadang timbul tanpa adanya keluhan dan hanya gangguan kosmetik saja. Warna-warna ruam kulit pada penyakit panu ini tergantung dari pigmen normal kulit penderita, paparan sinar matahari dan lamanya penyakit. Namun, terkadang warna ruam kulit sulit untuk dilihat. Tinea versicolor dapat terjadi di mana saja seperti di permukaan kulit, lipat paha, ketiak, leher, punggung, dada, lengan dan wajah.

Penyakit panu sering muncul tanpa disadari oleh kita apalagi terletak disekitar punggung. Gejala yang sering timbul yaitu rasa gatal ketika berkeringat dan warna sebagian kulit berubah menjadi putih, coklat bahkan merah tergantung dari pikmen si penderita. Pada bagian kulit yang terserang panu biasanya terdapat sisik halus yang menutupinya. Bagian-bagian yang sering diserang panu yaitu:
  • Kulit kepala
  • Lipatan lengan
  • Leher
  • Wajah
  • Tangan
  • Punggung
Cara mencegah Penyakit Panu
Penyakit panu memang sangat mengganggu penampilan, selain itu jika panu tumbuh pada daerah yang terlihat juga dapat mengurangi rasa percaya diri. Rasa gatal yang timbul juga menjadikan tidak nyaman oleh sebab itu, jika tidak ingin terserang penyakit ini jagalah kebersihan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit panu.

  1. Mandi secara teratur, minimal 3 kali satu hari
  2. Jagalah kebersihan pakaian
  3. Gunakan pakain dengan bahan yang dapat menyerap keringat
  4. Gunakan handuk yang bersih, handuk merupakan alat yang sering dipakai dan sering lembab dan biasanya juga kurang diperhatikan.
Untuk mengobati penyakit tersebut Anda bisa memakai bawang putih.
 Ambillah satu siung bawang putih berukuran cukup besar. Potonglah menjadi 2 bagian. Gosokanlah pada bagian yang ada panunnya, maka panu akan kering dan mengelupas dan hilang. Hal ini jauh lebih efisien di banding memakai serisil, harus dilakukan secara rajin, di gosong pagi, siang , dan malam hari.

Obat herbal untuk penyakit panu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous