kumpulan obat tradisional herbal alami khas indonesia

Thursday, August 21, 2014

Obat Herbal Batuk Rejan




Penyakit Batuk rejan atau juga dikenali sebagai "pertusis" atau dalam bahasa Inggris Whooping Cough adalah satu penyakitmenular. Di dunia terjadi sekitar 30 sampai 50 juta kasus per tahun, dan menyebabkan kematian pada 300.000 kasus (data dari WHO). Penyakit ini biasanya terjadi pada anak berusia di bawah 1 tahun. 90 persen kasus ini terjadi di negara berkembang, penyakit ini biasanya diakibatkan oleh bacterium Bordetella namun tidak jarang diakibatkan oleh B. parapertussis


Gejala :

Biasanya dimulai dengan gejala ISPA ringan seperti batuk, bersin dan cairan hidung keluar terus menerus (pada stadium catarrhal) kemudian sesudah 1 minggu sampai 2 minggu dilanjutkan dengan batuk yg terus menerus namun diikuti masa dimana ada jeda batuk (stadium paroxysmal). Batuk ini mungkin dapat diikuti dengan adanya muntah, hal ini disebabkan rasa mual yg diderita, dan pada anak kecil dimana reflek fisiologis yg belum terbentuk secara sempurna maka akan menimbulkan muntah, hal ini tidak jarang membawa ke arah malnutrisi. Batuk ini dapat di picu oleh menguap, tertawa atau berteriak, dan akan berkurang sesudah 1 sampai 2 bulan. Komplikasi yg dapat mengikuti keadaan ini adalah pneumoniaencephalitis, hipertensi pada paru, dan infeksi bakterial yg mengikuti.


Dengan menggunakan gododkan daun sirih yang di campur dengan gula batu. Dalam 5 hari atau selambat-lambatnya atau, 1 minggu pasti akan sembuh batuknya.

Cara membuat godokan itu ialah :
Ambilah 8 atau 10 helai daun sirih segar yang cukup besar lebar daunnya, bersihkan benar-benar. Kemudian masukkan ke dalam air bersih sebanyak 2 gelas belimbing. Masukkan 2 sendok makan gula batu rebuslah di atas api, biarkan mendidih, sampai air godokan tinggal 1/2 gelas, baru di angkat. Air godokan itu di berikan pada anak yang mendertita batuk rejan, sedikit demi sedikit saja sampai habis. Dalam waktu kurang dari 1 minggu penyakit tersebut bisa di sembuhkan. 

Obat Herbal Batuk Rejan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ahmad riyo